APD (Alat Pelindung Diri) atau PPE (Personal Protective Equipment)

Alat keselamatan kerja biasanya di kenal diperusahaan dengan sebutan alat pelindung diri (APD) atau Personal Protective Equipment (PPE).

Image result for Personal Protective Equipment
Pada umumnya, alat keselamatan kerja dan alat pelindung diri yang standard dan mesti dipakai oleh kebanyakan orang pelaku industri konstruksi yaitu sebagai berikut :
• Sarung tangan (hand gloves) sesuai sama keperluan jenis kerjanya.
Sepatu safety (safety shoes/boots),
• Helm pelindung (helmet),
• Dust masker (pelindung pernapasan),
• Disposable ear plug
• Kaca mata pelindung (safety glasses).
Dengan cara spesial juga, Alat-alat keselamatan kerja di ciptakan sesuaikan keperluan pekerjanya, dan jenis pekerjaan yang dikerjakan. Sebagian contoh pekerjaan dan alat keselamatan kerja yang umum diperlukan, seperti berikut :

  1. Welder atau tukang las yang lakukan pengelasan (welding). Yang paling utama diperlukan yaitu alat pelindung mata dari percikan bunga api hasil sistem pengelasan. Berbentuk safety glasses. Tetapi harus juga diperlengkapi juga dengan google (kaca mata yang spesial didesain untuk welder) dan face shield (perisai pelindung muka) saat lakukan pengelasan.
  2. Scaffolder pembuat perancah bangunan (scaffolding) yang umum kerja di ketinggian. Alat paling utama yang paling diperlukan yaitu alat pelindung jatuh atau full body harness. Dalam perubahannya alat pelindung jatuh ini diperkembang sesuai sama keperluan pekerjaan, maka ada juga alat pelindung diri yang bernama safety line, lanyard, atau static line harness.
  3. Blaster yang lakukan blasting (penyemprotan) mesin blasting seumpama saat lakukan sand blasting pada material logam yang berkarat. Seseorang blaster riskan pada bahaya masalah kesehatan pernafasan. Maka yang diperlukan yaitu perlengkapan yang mendukung permasalahan pernafasan itu, seperti dust masker ; respirator dan cartridge. Cartridge berperan sebagai obat penetral pertolongan pernapasan ketika memakai respirator.
  4. Operator yang menggerakkan semuanya perlengkapan bergerak. Baik kendaraan bergerak ataupun mesin yang memiliki motor penggerak. Operator umumnya riskan pada potensi bahaya kebisingan (buzzy ruang). Hingga yang diperlukan oleh operator terkecuali safety glasses juga alat pelindung telinga atau ear plug. Terdapat banyak jenis ear plug yang di desain sesuai sama keperluan operator. Seperti ear plug yang standard (saat gunakan 3 bulanan), disposable ear plug (sekali gunakan). Lantas ada pula ear muff yang bisa melindungi sampai demikian decibel derajat kebisingan.
  5. Painter yang bekerja lakukan pengecatan (painting). Semuanya manfaat panca indera pada seseorang painter harus dilindungi. Dari mata, hidung, mulut dan kulit. Seseorang painter memerlukan face shield juga yang diperlengkapi dengan plastic film maupun plastic painting untuk hindari pengembunan pada safety glasses yang dipakai. Automatis painter juga pasti membutuhkan safety glasses. Diluar itu yang diperlukan juga yaitu dust masker, dan respirator komplit dengan sepasang cartridgenya. Satu lagi yang diperlukan seseorang painter yaitu disposable overall (pakaian kerja sekali gunakan) untuk hindari kontak segera pada kulit dan material yang dipakai untuk mengecat. Dapat berbentuk cat, tiner, ataupun zinc dan chrome yang terkadang terdapat didalam cat.
  6. Electrician atau pekerja di bagian kelistrikan. Dalam menunaikan tugasnya terkecuali dibantu tool-tool spesial seseorang pekerja listrik, maka alat keselamatan kerja atau alat pelindung diri yang diperlukan yaitu safety glasses dan sarung tangan spesial yang bisa meredam sengatan listrik. Dan sepatu safety dari karet untuk menghindar ada kontak pendek arus listrik yang besar peluangnya berlangsung.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s