Pentingnya Keselamatan Kerja dan Indikatornya

Image result for keselamatan kerjaSeberapa Penting Keselamatan Kerja dan Tandanya? – Pengertian tentang keselamatan kerja sekarang ini masihlah kurang di perhatikan oleh tiap-tiap pekerja. Masalah kecelakaan kerja yang berlangsung adalah bukti kalau rendahnya kesadaran pekerja dalam memerhatikan pentingnya keselamatan kerja. Hal semacam itu dapat diliat dari terbatasnya dalam sarana keamanan kerja, minimnya pengetahuan tentang prinsip keselamatan, dan kurangnya perlindungan asuransi untuk tiap-tiap pekerja dari pihak perusahaan.

Pengertian pentingnya keselamatan kerja adalah satu langkah untuk menanggung keselamatan, baik itu dengan cara fisik maupun dengan cara mental dalam usaha menghindar terjadinya kecelakaan dan menghindar terjadinya penyakit akibat pekerjaan. Mengenai maksud pentingnya keselamatan kerja ini adalah untuk keamanan, melindungi kesehatan dan keselamatan tiap-tiap tenaga kerja. Diluar itu dapat tingkatkan efisiensi kerja dan menghindar terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja.

Mengenai contoh dari cara melindungi keselamatan kerja adalah seperti berikut :

  • Mengatur keselamatan dan kesehatan kerja dengan cara tehnik. Ingindalian tehnik dari K3 adalah dengan ganti semuanya perlengkapan dan peralatan kerja yang tidak aman, memproses semuanya bahan kimia beresiko lewat cara aman, ada ventilasi hawa didalam ruang yang cukup.
  • Mengatur system administrasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Untuk penyusunan system administrasi yang terkait dengan K3 adalah penyusunan saat “Shift” yang sesuai sama, menempatkan sinyal tanda bahaya di ruang yang berisiko terjadinya bahaya, mendata semuanya bahan beresiko, dan lakukan riset pada perlakuan darurat jika berlangsung kecelakaan kerja.
  • Membuat system pengamanan keselamatan kerja. System pengamanan disuatu aksi keselamatan kerja adalah pelindungan tubuh, listrik, mesin dan ruang. Contoh perlindungan tubuh sebagai usaha untuk tingkatkan keselamatan kerja adalah menggunakan alat pelindung diri seperti Helm Safety, Sepatu Safety terbaru, Kacamata Safety, masker, pelindung muka, dan yang lain.

 

Tanda Keselamatan Kerja.
Pengertian tentang pentingnya keselamatan kerja dapat diliat dari tandanya. Untu tanda keselamatan dan kesehatan kerja yakni :

  • Tanda fisik manusia seumpama kekuatan fisik, stres, ketrampilan bekerja, dan motivasi kerja.
  • Tanda lingkungan seumpama sedu ruang, keadaan ruang kerja, penerangan, kondisi kerja, kebisingan dan perlengkapan dan peralatan yang dipakai.
  • Berdasar pada keterangan itu maka dapat diambil kesimpulan kalau pengertian akan pentingnya keselamatan kerja adalah satu bentuk usaha atau usaha agar tiap-tiap pekerja dapat memperoleh jaminan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada saat menggerakkan pekerjaan dari segalanya yang dapat meneror keselamatan dan kesehatan dianya. Pentingnya keselamatan kerja yaitu tanggung jawab perusahaan, pekerja, dan kebanyakan orang yang ada di ruang itu. Manfaatkanlah Alat Pelindung Diri (APD) atau alat safety sesuai sama standard.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s