Alat Pelindung Diri (APD) / Personal Protective Equipment (PPE)

Image result for apd lengkap

Alat Pelindung Diri adalah kontrol paling akhir dalam hirarki pengontrolan kemungkinan. Ditempat kerja, alat pelindung diri yang pas mesti digunakan membuat perlindungan dari cedera ketika lakukan pekerjaan terutama jenis pekerjaan yang memiliki kandungan kemungkinan cidera pada organ badan. Karena alat pelindung diri digunakan membuat perlindungan diri anda sendiri, yakinkan kalau anda menggunakannya dengan benar. Patuhi semuanya rambu-rambu keselamatan yang mengharuskan anda memakai Alat Pelindung Diri

JENIS ALAT PELINDUNG DIRI
a. Topi keselamatan (safety helmet) membuat perlindungan kepala apabila bekerja ditempat memiliki resiko benda jatuh atau melayang seperti di bagian konstruksi dan daerah tambang.
b. Kacamata pelindung membuat perlindungan mata dari serpihan logam, percikan bahan kimia, cahaya las dan kacamata pelindung untuk menggerinda dan pekerjaan berdebu.
c. Masker gas dan masker debu, yaitu alat pelindung pernapasan dan paru-paru pada gas atau uap beracun dan debu.
d. Pelindung pendengaran untuk menghindar rusaknya pendengaran karena bunyi keras dan bising di ruangan kerja, seperti pekerjaan pemotongan plat logam dan pada mesin yang mempunyai tingkat kebising tinggi.
e. Sarung tangan, untuk perlindungan pada permukaan benda yang kasar, tajam dan bahan kimia korosif seperti asam dan alkali.
f. Sepatu Safety, membuat perlindungan kaki dari cedera apabila mengatasi benda berat, atau untuk menghindar luka bakar saat mengelas.
g. Sabuk pengaman (safety harness), untuk menghindar supaya tak jatuh apabila tengah bekerja ditempat tinggi.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENGGUNAAN
ALAT PELINDUNG DIRI
a. Gunakanlah senantiasa alat pelindung diri yang sesuai sama jenis pekerjaan, meskipun pekerjaan itu hanya membutuhkan saat singkat.
b. Alat pelindung diri mesti digunakan dengan pas dan benar.
c. Jadikanlah rutinitas untuk menggunakan alat pelindung diri. Ketidaknyamanan dalam memakai alat pelindung janganlah jadikan argumen untuk menampik menggunakannya.
d. Alat pelindung diri tak bisa dirubah-ubah, di cat dan penggunaannya mesti sesuai sama manfaatnya. Apabila bebrapa riil alat itu tak nyaman digunakan laporkan pada atasan anda.
e. Alat pelindung diri mesti digunakan dengan hati-hati, dijaga kebersihannya dan tak bisa menggunakan punya orang lain tanpa ada ijin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s